6 Sayuran yang Bikin Asam Urat Kumat, Wajib Hindari!

Jakarta, CNBC Indonesia – Asam urat adalah bentuk radang sendi yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri yang tiba-tiba di sendi, paling sering di jempol kaki.

Serangan asam urat yang tiba-tiba seringkali membuat Anda terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Hal ini tentu bisa bikin Anda kesakitan. 

Asam urat bisa kambuh atau meledak disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin berlebih. Jika tidak diatasi dengan baik dan tidak menjaga pola makan maka dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Berikut adalah sayuran tinggi purin yang wajib dihindari penderita asam urat :

1. Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia karena bisa diolah menjadi sedemikian rupa, seperti aneka tumisan dan menjadi bahan pelengkap. Namun, buncis dikenal memiliki fruktosa tinggi yang bisa menjadi pemicu asam urat.


2. Jamur

Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya. Oleh karena itu, pengidap asam urat wajib menghindari sayuran yang menjadi campuran di banyak hidangan ini.

3. Asparagus

Asparagus memiliki kadar kalium dan folat tinggi. Akan tetapi, asparagus adalah salah satu sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. Dalam asparagus, terdapat sekira 23 gram purin di setiap 100 gram sayuran ini.

4. Bayam

Selain mudah diolah, bayam terkenal memiliki gizi tinggi seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins. Akan tetapi, penderita asam urat harus menghindari bayam karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekira 57 gram purin.

5. Kembang Kol

Sayuran selanjutnya yang perlu dihindari adalah kembang kol. Sayuran ini biasanya hanya menjadi pelengkap di setiap hidangan. Kembang kol perlu dihindari oleh pengidap asam urat karena memiliki 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

6. Kacang Polong

Kacang polong mengandung 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gramnya. Ini merupakan kategori sedang. Namun, jika memang Anda sudah punya kondisi asam urat, lebih baik menghindari sayuran hijau ini. https://tanyakanpada.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*