Ciri WhatsApp Disadap dan Dibajak yang Jarang Disadari

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Ciri WhatsApp disadap dan dibajak sebenarnya terlihat jelas, hanya kadang jarang disadari oleh para pengguna. Untuk itu, pengguna WhatsApp mesti waspada jika sudah menemukan ciri-ciri tertentu di layar HP. Bisa jadi akun WhatsApp sedang dibajak orang lain.

Pembajakan pada WhatsApp bisa berujung pada rekening habis terkuras. Hal ini tentu akan merugikan pengguna karena peretas juga dapat mengawasi aktivitas di Whatsapp anda seperti pesan pribadi, hingga isi kontak.

Cara peretas untuk melakukan pembajakan dan memata-matai ada banyak. Seperti memasang aplikasi pihak ketiga, memanfaatkan WhatsApp Web, hingga mengirimkan malware ke ponsel.

Hal ini bisa sangat membahayakan terlebih Whatsapp kini juga digunakan untuk menerima One Time Password dari berbagai aplikasi, termasuk aplikasi belanja online dan finansial.

Ciri WhatsApp yang disadap cukup mudah dikenali, berikut tandanya :

1. OTP

One Time Password (OTP) merupakan enam angka kode dan biasanya dikirimkan ke SMS saat akan mengakses WhatsApp. Artinya jika ada pesan yang masuk ada yang berusaha masuk ke akun WhatsApp. Jangan berikan kode OTP ini pada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Salah satu ciri yang bisa dikenali adalah tiba-tiba keluar dari WhatsApp. Bisa jadi ada perangkat lain yang mencoba masuk ke akun WhatsApp. Anda bisa mengetahui perangkat lain itu dengan menekan ikon tiga titik dan pilih WhatsApp Web.

3. Pesan Terbaca

Saat ada pesan yang sudah terbuka dan dibaca, Anda harus berhati-hati. Ini bisa jadi pertanda akun kamu telah dibajak.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Ciri ini sama seperti sebelumnya. Waspadalah jika tiba-tiba ada pesan yang terkirim sendiri padahal Anda tak pernah mengirimkannya.

Cara Mencegah WhatsApp Dibajak

Anda perlu langkah pencegahan untuk mencegah jadi korban pembajakan WhatsApp. Salah satunya dengan mengaktifkan fitur two-step verification, jadi orang lain tetap tidak bisa mengakses WhatsApp karena tidak tahu PIN yang diatur sebelumnya.

Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan two-step verification:

Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.

Pilih Settings.

Masuk ke pengaturan Account.

Pilih Two-step verification.

WhatsApp akan meminta mengaktifkan two-step verification dengan PIN.

Klik Enable untuk mengaktifkan fitur.

Buat PIN, masukkan enam digit sesuai dengan keinginan.

Berikutnya akan diminta memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk jika suatu saat ingin mengganti PIN. https://itusiapalagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*