Daftar Paspor Terkuat Dunia Tahun 2024, Juara 1 dari Asia

Jakarta, CNBC Indonesia – Warga negara Singapura dan Jepang boleh berbangga hati. Sebab, paspor mereka adalah yang terkuat di dunia, menurut Indeks Paspor Henley. Pemegang paspor Singapura dan Jepang bisa masuk ke 194 negara tanpa perlu visa. 

Selain dua negara Asia tersebut, ada empat negara anggota Uni Eropa yang juga menempati posisi pertama sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia. Mereka adalah Spanyol, Jerman, Perancis dan Italia.

Di peringkat kedua ada negara-negara seperti Korea Selatan, Finlandia dan Swedia dengan akses bebas visa ke 193 negara. Adapun Denmark, Irlandia, Belanda dan Austria berada di urutan ketiga. Inggris naik dua peringkat ke posisi keempat.

Pemeringkatan paspor global yang sudah berlangsung selama 19 tahun ini dilakukan berdasarkan data yang diberikan oleh Otoritas Transportasi Udara Internasional, atau IATA, yang mengurutkan paspor dunia berdasarkan jumlah negara yang dapat diakses oleh pemegangnya tanpa visa.

Tren umum yang terlihat dari peringkat tersebut adalah semakin banyak negara yang bebas mengunjungi negara lain tanpa visa. Chairman Henley & Partners, Christian H. Kaelin menyebut bahwa jumlah rata-rata destinasi yang dapat dikunjungi wisatawan dengan bebas visa meningkat hampir dua kali lipat dari 58 pada tahun 2006 menjadi 111 pada tahun 2024. 

Meski begitu, ia mencatat bahwa kesenjangan mobilitas global antara kelompok teratas dan terbawah indeks menjadi “lebih lebar dari sebelumnya.”

Afghanistan, yang berada di peringkat terakhir, hanya memiliki akses ke 28 negara. Sementara negara-negara di posisi teratas bisa masuk ke 194 negara lain tanpa visa. https://kerasnya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*