Ramai Order Atribut Kampanye Prabowo-Gibran, Lokasi Produksi Terungkap

Jakarta, CNBC Indonesia – Pedagang Kaos partai di Pasar Senen belum mendapat banyak pesanan dari penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sejumlah pedagang ikut mendapat ‘kue’ dari Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yakni pesanan kaos.

Namun tidak sedikit yang ‘gigit jari’ karena tidak mendapatkan apa-apa. Pedagang menilai ada perubahan pola pemesanan dari pembelian dan kini mengarah pada pemesanan ke pabrik langsung.

“Ada dari 02, jual barang enak sama 02 kaya kaos, stiker, kalau yang lain belum. Tapi memang nggak banyak karena sekarang website banyak, online juga makin banyak,” kata Pemilik Toko Sinar Nusantara, Irawan kepada CNBC Indonesia, Kamis (11/1/2024).

Penjual atribut kampanye di Pasar Senen. (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Sementara untuk sumber barangnya Ia mendapat sumber dari konveksi dalam negeri. Meski mendapat informasi adanya persaingan dari kaos impor pilihan caleg dan tim Capres, namun Ia tetap memproduksi dari dalam negeri karena kemudahan akses.

“Bikin di konveksi dalam negeri, nggak impor karena desain menyesuaikan dari caleg. Kalau impor bahannya kadang ngga tau seperti apa,” kata Irawan.

Pedagang lainnya di Pasar Senen Blok III Anto, juga mengaku lebih memilih untuk mendapatkan pasokan dari dalam negeri. Alasannya selain karena kepraktisan, juga untuk agar proses distribusi berlangsung cepat.

“Bikin di konveksi Jakarta aja, memang langganan sudah dari lama. Apalagi tim kampanye ini biasanya butuh cepat, kalau impor khawatirnya lama karena barangnya juga gak disini,” katanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (11/1/2024).

Mengandalkan pasokan dalam negeri, Ia sukses mendapat pesanan hingga 10.000 buah dari tim kampanye, yakni Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Jumlahnya mencapai 10.000 buah dengan harga Rp 20.000 buah.

“Ini dari Caleg Gerindra di Gorontalo buat dibagikan lagi di sana, timnya Prabowo. Kalau dia sudah sering pesan ke saya, beberapa Pileg (pemilihan legislatif) sebelumnya juga selalu ke saya, harga deal langsung bikin,” kata Anto.

Meski demikian, ada juga pedagang lain yang tidak mendapatkan apa-apa dari Pilpres 2024. Satu bulan jelang pencoblosan di 14 Februari 2024, Ia belum mengerjakan proyek dari tim kampanye ketiga pasangan Capres-cawapres.

“Dari tiga tim kampanye Capres-cawapres belum ada, mereka biasanya langsung ke pabriknya supaya nekan harga, misal langsung ke Solo,” kata pedagang di lantai 1 Pasar Senen Blok III Ujang kepada CNBC Indonesia, Kamis (11/1/2024). https://popicedingin.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*