Siap-Siap! Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatera Mau Naik, Ini Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Bagi Anda pengguna Jalan Tol Trans Sumatera siap-siap tarifnya bakal naik. PT Hutama Karya (Persero) atau HK mendata, ada 4 ruas tol Trans Sumatera yang tarifnya bakal naik tahun ini. Keempat ruas Tol Trans Sumatera yang tarifnya akan naik adalah:

– Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung
– Tol Palembang – Indralaya
– Tol Pekanbaru – Dumai
– Tol Sigli – Banda Aceh

Penyesuaian tarif ini dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali. Hal ini berdasarkan pasal 48 ayat (3) dan (4) Undang Undang (UU) No 2/2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 38/2004
tentang Jalan. Utamanya pada Tol yang belum pernah dilakukan penyesuaian tarif seperti Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung dan Tol Pekanbaru – Dumai.

Kementerian PUPR tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatra di Sumatera Selatan. (Biro Pers PUPR)

“Secara kualitas, ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penyesuaian tarif dan diharapkan dapat mendapatkan perizinan mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif, sehingga kami berharap dapat terlaksana sesuai target,” ungkap Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Tjahjo menyampaikan Hutama Karya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol yang dikelola.

“Sebelum jalan tol diizinkan untuk dilakukan penyesuaian tarif, dilakukan penilaian dan pengujian terlebih dahulu. Selain itu, pada saat pelaksanaannya juga masih harus melihat kondisi dan situasi terkini, jika ada special case seperti sebelumnya ada pandemi, penyesuaian tarif juga harus ditunda terlebih dahulu,” pungkasnya.

Namun ada eberapa ruas baru Tol Trans Sumatera yang dioperasikan sejak tahun 2023 yang masih dioperasikan tanpa tarif atau belum berbayar. Seperti Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang – Baitussalam), Tol Binjai – Langsa Seksi 2 (Stabat – Kuala Bingai), Tol Indralaya – Prabumulih & Tol Indrapura – Lima Puluh. Dengan ruas yang paling lama beroperasi tanpa tarif saat ini yaitu Tol Sibanceh Seksi 5 & 6 sejak bulan Juni 2023 atau telah lebih dari 7 bulan dioperasikan tanpa tarif. https://pembangkitkuku.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*