Warga RI Sudah Candu Parah, Habiskan 64,8 Miliar Jam di Aplikasi Ini

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Masyarakat Indonesia sudah tak bisa lepas dari media sosial. Hal tersebut tampak pada laporan terbaru ‘Media State of Mobile 2024’ yang dirilis Data.AI.

Laporan menunjukkan warga RI paling banyak menghabiskan waktu penjajalan aplikasi di YouTube. Selama 2023, total waktu yang dihabiskan 69,9 miliar jam. Durasi itu meningkat 3% secara tahun-ke-tahun (YoY).

Peringkat kedua diduduki TikTok. Warga RI secara total scrolling aplikasi tersebut selama 64,8 miliar jam sepanjang 2023 atau naik 33% YoY.

Lantas di peringkat ketiga, warga RI paling banyak menghabiskan waktu di WhatsApp. Total durasinya 59,1 miliar jam. Angka itu sebenarnya turun 8% YoY.

Secara berurutan, aplikasi lain yang paling sering dijajal warga RI sepanjang 2023 adalah Instagram, Chrome, Facebook, Samsung TouchWiz Home, Shopee, Fizzo, MX Player, dan X.

Sementara itu, untuk ‘raja’ aplikasi di RI masih didominasi oleh layanan-layanan Meta. Laporan Data.AI membagi aplikasi dengan pengguna aktif bulanan (MAU) terbesar berdasarkan kelompok usia dan gender. Berikut daftarnya :

Top 5 Aplikasi untuk Usia 18-24 Tahun

  1. WhatsApp
  2. Instagram
  3. Shopee
  4. TikTok
  5. Telegram


Top 5 Aplikasi untuk Usia 25 Tahun ke Atas

  1. Facebook
  2. MyTelkomsel
  3. Gojek
  4. Tokopedia
  5. Lazada

Top 5 Aplikasi Digunakan Perempuan

  1. WhatsApp
  2. Instagram
  3. Shopee
  4. TikTok
  5. Telegram

Top 5 Aplikasi Digunakan Pria

  1. Facebook
  2. MyTelkomsel
  3. Gojek
  4. Tokopedia
  5. X (dulu Twitter) https://lepassaja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*