Dorong Produk Halal Di Luar Negeri, Dubes Iwan Bogananta Raih “Happiness Award” dari Rumah Zakat

Dubes Iwan Bogananta (kanan) menerima penghargaan Happiness Award pada kategori Penggerak Zakat dari Rumah Zakat Indonesia, di Jakarta, Kamis (1/2/2024). (
Dubes Iwan Bogananta (kanan) menerima penghargaan Happiness Award pada kategori Penggerak Zakat dari Rumah Zakat Indonesia, di Jakarta, Kamis (1/2/2024). (

RM.id  Rakyat Merdeka – Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menerima penghargaan Happiness Award pada kategori Penggerak Zakat dari Rumah Zakat Indonesia.

Pemberian penghargaan ini diselenggarkan dalam acara Public Expose Rumah Zakat Tahun 2024 dan Peluncuran Gerakan Bersama Bersama Wujudkan #Manfaat Hebat, di The Hotel Sultan & Residence, Jakarta, Kamis (1/2/24).

Kategori penggerak zakat adalah kategori penerima award yang memiliki kontribusi aktif terhadap pengembangan dan pembangunan ekonomi Indonesia berbasis syariah.

Dubes Iwan sendiri selain kontribusi aktifnya sebagai donatur dan penggerak kebermanfaatan umat, beliau juga dianggap menjadi penggerak aktif dalam memperjuangkan produk Halal Indonesia di luar negeri.

Salah satu bentuk kongkritnya adalah dengan mendirikan Pabrik Rendang Halal di Bulgaria.

Dubes Iwan mengucapkan terima kasih atas penganugerahan Happiness Award oleh Rumah Zakat.

“Penghargaan ini merupakan refleksi dari perjuangan dan kebanggaan kita, bangsa Indonesia untuk mengangkat citra produk halal Indonesia di luar negeri,” ujar Dubes Iwan.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan kebanggaan kita bersama, seluruh staf di KBRI Sofia, para shareholder dan stakeholder yang telah mendukung dan menyukseskan program Rendang Goes to Europe dalam menggaungkan produk Halal Indonesia di pasar dunia.

“Produk berlabel halal di luar negeri, memiliki high value secara ekonomi, bukan terbilang produk biasa namun produk dengan kualitas dan segmen pasar tersendiri” ujar Dubes Iwan.

Menurutnya market produk halal tidak hanya dinikmati kepada umat muslim pada umumnya, akan tetatpi non-muslim sendiri melihat produk halal adalah produk terjamin dari sisi hygienic, mutu dan kualitas.

Dubes Iwan mengatakan, kontrol label halal mampu mememberikan high value dari kualitas produk tersebut, oleh karenanya harga produk halal terkadang sedikit lebih mahal dari produk biasanya karena dianggap sebagai high end product.

“Alhamdulilah dalam tahun pertama saya mengemban tugas sebagai Duta Besar, pada 2021, kami berhasil meluncurkan program Rendang Goes to Europe, bekerja sama dengan Bella Group Bulgaria salah satu perusahaan one stop service terbesar di negeri Balkan, dengan mendirikan pabrik khusus Rendang, menggunakan label Halal dari Turki,” ujar Dubes Iwan.

Ia berharap dan meyakini dengan ragam produk halal Indonesia, Indonesia mampu menjadi pioneer penggerak produk halal dunia.

Sekadar informasi, Tahun 2023, Rumah Zakat genap berusia 25 tahun. Selama itu pula, bersama donatur Rumah Zakat menyalurkan kebahagiaan kepada 46,7 juta penerima manfaat.

Selain itu, saat ini Rumah Zakat sudah memiliki 1.732 desa berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbagai penghargaan baik nasional maupun global juga diraih Rumah Zakat antara lain, Indonesia Customer Eperience Awards 2023 Kategori ZIS, Lembaga Pendamping Kewirausahaan Terbaik Program KUA, serta Pemberdayaan Ekonomi Umat oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf tahun 2023.https://asiafyas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*