Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Tanam Sakura Bersama Putri Takamado

Dubes Heri Akhmadi (tengah) bersama istri, Nuning Akhmadi (kiri) bersama Putri Takamodo foto bersama setelah acara penanaman Pohon Sakura, di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 1 Februari 2024. (Foto: KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi (tengah) bersama istri, Nuning Akhmadi (kiri) bersama Putri Takamodo foto bersama setelah acara penanaman Pohon Sakura, di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 1 Februari 2024. (Foto: KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar acara spesial bersama Putri Takamado, anggota keluarga Kerajaan Jepang, pada Kamis (1/2/2024). Acara tersebut adalah Jamuan Teh Petang dan Penanaman Pohon Sakura di Wisma Duta Besar RI Tokyo.

Penanaman Pohon Sakura ini merupakan bagian rangkaian peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Selain Putri Taka mado, acara ini juga dihadiri Ibu Negara Jepang, Yuko Kishida, dan Istri Chief Cabinet Secretary Jepang, Yuko Hayashi.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi mengatakan, bahwa penanaman Pohon Sakura ini adalah simbol persahabatan yang erat dan kuat antara kedua negara.

“Pohon ini akan menambah koleksi 10 pohon Sakura di Wisma Duta. Kami berharap pohon ini akan tumbuh subur dan mekar setiap tahunnya, seperti hubungan Indonesia dan Jepang yang semakin berkembang dan berbunga,” ujarnya.

Heri juga mengingatkan, September tahun lalu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Kishida Fumio sepakat meningkatkan status hubungan bilateral kedua negara menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Acara hari ini adalah bukti kedekatan hati Indonesia dan Jepang,” tambah politisi PDIP itu.

Putri Takamado, yang dikenal sebagai pecinta budaya Indone sia, mengaku senang dan terhormat dapat berpartisipasi dalam penanaman Pohon Sakura ini. Dia mengapresiasi upaya KBRI Tokyo untuk mempromosikan budaya dan kerja sama Indonesia di Jepang.

“Penanaman Pohon Sakura ini adalah tanda persahabatan yang indah dan abadi antara Indonesia dan Jepang. Saya berharap pohon ini akan menjadi saksi perkembangan hubungan kedua negara di masa depan,” tuturnya.

Acara ini juga merupakan kerja sama antara KBRI Tokyo dengan Ikebana International dan Ikebana Tokyo Founding Chapter, dua organisasi yang bergerak di bidang seni merangkai bunga.

Para tamu undangan dapat menyaksikan demonstrasi merangkai bunga bersama Sita Laretna, ahli bunga asal Indonesia yang menampilkan kreasi bunga dan janur khas Nusantara.

Selain itu, para tamu undangan juga dihibur penampilan Tari Oleg Tamulilingan, tari tradisional Bali yang mengekspresikan kemesraan antara dua ekor kupu-kupu. Acara ditutup dengan minum teh bersama dan menikmati hidangan khas Indonesia, seperti nasi goreng, sate ayam, dan kue lapis.https://nanasapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*