Kasau Dapat Penghargaan Kehormatan Dari Australia

Kasau Marsekal TNI, Fadjar Parsetyo menerima, penghargaan kehormatan Australia yang diserahkan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Stephen Scott di Kedutaan Besar Australia, Jakarta, Senin (5/2/2024). (Foto Kedubes Australia)
Kasau Marsekal TNI, Fadjar Parsetyo menerima, penghargaan kehormatan Australia yang diserahkan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Stephen Scott di Kedutaan Besar Australia, Jakarta, Senin (5/2/2024). (Foto Kedubes Australia)

RM.id  Rakyat Merdeka – Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mendapat, penghargaan tertinggi dari Australia. Ia dianugerahi gelar perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer) atas jasanya mempererat hubungan pertahanan RI-Australia.

Penghargaan ini diserahkan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Stephen Scott di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Senin (5/2/2024). Upacara ini dihadiri sejumlah pejabat tinggi TNI AU dan Kementerian Pertahanan.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, dalam keterangannya mengatakan, mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas peran besar Kasau dalam meningkatkan kerja sama antara Angkatan Udara RI dan Australia (Royal Australian Air Force/RAAF). Dia menilai, Kasau memiliki kepemimpinan, visi, dan dedikasi yang luar biasa dalam mengembangkan kapabilitas bersama.

“Salah satu contohnya adalah dukungan Kasau terhadap pengerahan perdana pesawat F-35 RAAF untuk beroperasi dari beberapa pangkalan udara di Indonesia sebagai bagian dari latihan udara multilateral berskala besar. Ini menunjukkan komitmen Kasau untuk meningkatkan latihan gabungan yang kompleks dan kerja sama bilateral yang lebih dalam,” ujar Dubes Williams.

Order of Australia adalah penghargaan kehormatan Australia yang diberikan kepada warga negara Australia dan negara lain yang berjasa bagi Australia atau kemanusiaan. Penghargaan ini dibagi menjadi dua divisi, yaitu sipil dan militer.

Fadjar Prasetyo merupakan perwira TNI AU pertama yang mendapat penghargaan ini. Sebelumnya, penghargaan ini juga pernah diberikan kepada mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Dudung Abdurachman pada Oktober 2023.

Kasau mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Australia. Ia mengatakan, penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk seluruh prajurit TNI AU.

“Hubungan pertahanan antara Indonesia dan Australia sudah sangat baik dan saling menguntungkan. Kami berharap, kerja sama ini akan terus ditingkatkan dan diperluas, khususnya di bidang angkatan udara, untuk menghadapi tantangan dan ancaman bersama di kawasan,” kata Kasau.

Kasau menambahkan, kerja sama antara TNI AU dan RAAF meliputi berbagai aspek, seperti latihan bersama, pertukaran personel, pendidikan dan pelatihan, serta bantuan kemanusiaan dan bencana. Ia berharap, kerja sama ini akan terus meningkatkan kepercayaan dan hubungan profesional antara kedua angkatan udara.https://nanasapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*