PLN Indonesia Power Pamerkan Stasiun Pengisian Hidrogen Di IIMS

NANASAPEL.com  Rakyat Merdeka – PLN Indonesia Power ambil bagian pada Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 sebagai komitmen korporasi terhadap pengembangan energi baru terbarukan dan pengembangan ekosistem kendaraan masa depan.

Pada event IIMS ini, PLN Indonesia Power pamerkan Stasiun Pengisian Kendaraan Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station (HRS) pertama di Indonesia sebagai penunjang fasilitas kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap menjadi pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

PLN telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk untuk menunjang ekosistem kendaraan listrik dan hidrogen mulai dari hulu hingga hilir.

“Sama seperti kendaraan listrik, di mana kami menjadi pionir dalam pembentukan ekosistem. Dengan ini kami yakin, PLN akan menjadi key player dalam penyediaan hidrogen hijau untuk berbagai kebutuhan, khususnya untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen,” kata Darmawan.

Dia melanjutkan, setelah membangun Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia untuk menjawab tantangan transisi energi, skala produksi hidrogen hijau akan terus ditingkatkan.

Tidak hanya itu, untuk membentuk ekosistem kendaraan masa depan berbasis hidrogen secara end to end, dalam waktu dekat PLN melalui PLN Indonesia Power akan meresmikan Hydrogen Refueling Station dan akan menjadi yang pertama di Indonesia.

“Ini merupakan komitmen kami, bahwa Indonesia kedepannya akan bertransformasi dari energi fosil menuju energi bersih, bukan hanya pada pembangkitan namun juga pada kendaraan,” kata Darmawan.

PT PLN (Persero) tengah membangun ekosistem kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen.

Dengan stasiun pengisian Hydrogen Refueling Station (HRS)yang nantinya akan tersebar di seluruh Indonesia.

“Ekosistem kendaraan listrik ini akan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Darmawan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra memaparkan, Hydrogen Refueling Station nantinya berlokasi di Senayan.

Di dalamnya terdapat fasilitas charger electric vehicle berbasis hydrogen, Hydrogen Center dan Hydrogen Gallery Room sebagai pusat pelatihan dan pendidikan terkait hidrogen di Indonesia.

HRS Senayan ini segera diresmikan pada pekan ketiga bulan Februari 2024.

Edwin mengatakan, Hydrogen Refueling Station segera launching. 

Di dalamnya tidak hanya ada stasiun pengisian kendaraan hidrogen saja namun juga charger untuk kendaraan listrik dan juga Hydrogen Center.

Ini membuktikan bahwa PLN sangat serius dalam pengembangan ekosistem kendaraan masa depan, tidak hanya kendaraan listrik namun juga hidrogen sebagai alternatif pilihan,” paparnya.

Lebih lanjut Edwin menjelaskan tujuan hadirnya Hydrogen Refueling Station di IIMS 2024 untuk memberikan edukasi serta mengajak para pelaku usaha maupun komunitas di dunia otomotif dalam memulai untuk beralih ke kendaraan masa depan berbasis hidrogen hijau.

Sebagai pemain utama dalam pengembangan hidrogen hijau dan juga sebagai komitmen korporasi dalam mendukung target Pemerintah menuju Net Zero Emission 2060.

“Kami hadir di IIMS, sekaligus memberikan edukasi pentingnya peran serta semua pihak dalam mewujudkan Net zero Emission dengan memaparkan beberapa alternatif kendaraan masa depan termasuk kendaraan berbasis hidrogen,” tegas Edwin.

Terkait target Net zero emission, PLN Indonesia Power telah melakukan berbagai upaya, di antaranya pengembangan Energi Baru Terbarukan melalui proyek Hijaunesia, penerapan cofiring biomass di PLTU secara masif, kerja sama pembangunan pabrik solar pv.

Serta aksi-aksi lain untuk mengakselerasi transisi energi Tanah Air.https://buerinas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*