Nih! Rahasia Jokowi, RI Sampai Bikin Keok AS & China

Jakarta, CNBC IndonesiaWorld Bank atau Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 akan mencapai 4,9%. Meski di bawah target pemerintah 5%, nyatanya proyeksi pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi dari dari Amerika Serikat dan China.

Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan Amerika Serikat pada 2024 hanya tumbuh 1,6%. Sementara, China diproyeksikan tumbuh 4,5% atau lebih rendah dari 2023 yang sebesar 5,2%.

Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia juga mengalahkan rata-rata pertumbuhan dunia yang diproyeksikan hanya menyentuh 2,4%.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan menakhkodai kapal sebesar Indonesia dalam gelombang ketidakpastian global tidaklah mudah. Dia mengatakan target pertumbuhan harus dikejar dengan tetap memperhitungkan prinsip kehati-hatian.

“Ekspansif boleh, tetapi juga dalam kalkulasi yang super hati-hati,” kata dia dalam Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia ‘Optimisme Penguatan Ekonomi Nasional Di Tengah Dinamika Global’ di Hotel St. Regis, Jakarta, dikutip Kamis (11/1/2024).

Dalam kesempatan lainnya, Jokowi mengatakan Indonesia harus bisa memanfaatkan dua peluang untuk mencapai target menjadi negara maju pada 2045. Dia mengatakan dua peluang itu adalah bonus demografi yang akan berada di puncaknya pada 2030 dan tingginya kepercayaan internasional kepada Indonesia.

“Bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita,” ujar Jokowi dalam pidato HUT Kemerdekaan RI, di Gedung DPR/MPR, (16/8/2023).

Jokowi melanjutkan saat ini Indonesia juga telah mendapatkan kepercayaan dari dunia internasional. Dia mengatakan kepercayaan itu tidak dibangun melalui gimik atau retorika semata, namun melalui peran dan keberanian Indonesia dalam bersikap.

“Konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM, kemanusiaan dan kesetaraan serta kesuksesan Indonesia menghadapi krisis dunia tiga tahun terakhir inilah yang mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia,” kata dia. https://ujiemisiapel.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*